Langkah Pertama Crafter Pemula

Seorang teman di group menulis,
Butuh :
– kain kanvas/linen/sejenisnya lah, ga bgt paham
– handle dompet/tas, dan teman2nya
– rits dan kepala unyu2
– macem2 alat getok2an (ga paham jg)

Seorang customer, beberapa ada yang mengirimkan foto tas, dengan catatan: Mbak, tolong aku butuh apa aja untuk membuat tas seperti ini.
Teman lainnya, Mbak, aku bingung harus mulai darimana?

Nah lho.. Jadi Temans, logikanya, kita butuh akomodasi itu kalau tahu bakal pergi kemana, berapa lama, sama siapa, dan kesananya pakai apa. Dalam bisnis dan kehidupan, itu disebut BIG GOALS
Dalam per-tas-an, atau crafting, jawab dulu pertanyaan mau bikin apa?

Bikin tas. 
Kurang detail.
Backpack Shannelo
Yakin? Sudah tahu cara jahit ritsleting? Sudah pernah jahit kulit sintetis? Piping? Kancing bobok?
Nggg…(hening)
Turunkan dulu kalau begitu. Jahit sling messenger bag. Sudah bisa jahit flap? Sudah tahu recessed zipper? Bikin handle? Saku 3 dimensi?
Ngg… (hening lagi)
Baiklah.. kita turunkan ke tote bag saja. Mau model yang seperti apa? Handle biasa pakai tali (bahasa teknisnya; webbing) atau pakai handle jadi dari kulit sintetis? Kalau kulit sintetis, selain pakai jahit tangan, bisa juga dipasang dengan rivet/keling.
Demikian dst dst.

Jadi.. Bagi pemula di bidang per-tas-an handmade, atau craft jenis lainnya. Cari tahu dulu. Bisa tanya ke guru, bisa tanya ke teman, bisa liat tutorial di web yang bersliweran. Coba project yang paling gampang. Tutorial free buanyak. Misal buka laman ini akan diarahkan ke web2 kece yang memberi link ke tutorial2 keren. Sebagian besar dalam bahasanya Om Mark, tapi insyaAllah secara visual kita akan paham. Biasanya ada list kebutuhan sekalian. Kain butuh sekian kali sekian, ritsleting, kancing, dll.

Jangan pula ngasih pe er ke orang buat ngelist daftar kebutuhan tas nya apa saja (seperti kasus kedua di atas) sementara bukan si orang itu yang bikin ya. Apalagi fotonya cuma dari depan. 1 doang pula.

Bertanya di group forum diskusi adalah salah satu cara mencari tahu. Misal jenis2 kain, pelapis, dll. Tapi lebih bagus kalau biasakan membaca file group dulu. InsyaAllah sudah dirangkum sama bu Admin disana.
Cara lain yang lebih efektif, googling. Itu akan lebih menukik. Langsung ke web, misal tulisan emaknya Ayaran di sini tentang sepatu2 jahit, dll. Sebagian lagi disini  Atau, kadang suka berbagi disini. Kalau nggak khawatir sama kuota , buka aja disini

Tentang peralatan, let me tell you, ya Guys.. Awal dulu aku bikin tas, aku nggak langsung punya semua alatnya. Satu2. Getok keling datar, itu salah satu yg utama. Lalu meningkat pakai handpress dan matrasnya. Lalu pembuka ring bulat karena bikin model hoblet, dsb dsb.

Jadi, ada korelasi erat bingit antara project yang akan dan sedang kau kerjakan dengan peralatan yang wajib kau punyai. Ibaratnya jangan beli pisau swiss army asli kalau cuma buat potong jambu biji. Kemahalan. xixixi.

  So, masih bingung butuh apa? Tentukan goal, lalu pakailah kacamata kuda. Tapi sebelumnya, pelototkan mata dan kepala di laman yang pas, sesuai dengan tingkat kemahiranmu. Begitu. Gudlak! Welcome to the jungle of creativity.

Indar,
Tanah Baru, 1 Des’17,
Tema yang sebenarnya udah lamaaaa bingit sekali ingin kupaparkan.
Foto2 adalah awal2 aku ngecraft, bikin yang gampang dulu, boneka flanel 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *